PENGANTAR BISNIS

Perusahaan kecil dalam bahasa inggrisnya disebut juga small business. Perusahaan kecil kepemilikannya dapat diperoleh melalui 3 cara yaitu:

  1. dengan meneruskan usaha orang tua
  2. membeli perusahaan yang telah ada
  3. dengan memulai usaha baru
Perusahaan kecil akan mempunyai banyak masalah yang muncul jika memulai usaha yang baru karena diperlukannya perencanaan yang sangat matang, hal ini dikarenakan belum adanya konsumen yang pasti. Demikian pula pengusaha masih perlu belajar dalam memilih bahan baku atau tenaga kerja yang terampil.
Perusahaan kecil biasanya dipimpin oleh pemiliknya. Struktur organisasinya sangatlah sederhana dan masih banyak perangkapan tugas atau jabatan seseorang, presentase kegagalan di dalam perusahaan relatif cukup kecil, kesulitannya untuk mengembangkan perusahaan kecil sangat sulit untuk memperoleh pinjaman modal dengan syarat lunak.

Profil Usaha Kecil
Saya mengambil profil tentang perusahaan kecil, salah satunya adalah usaha dagang ayam bakar yang cukup sederhana, yang dikelola oleh pemiliknya yang bernama Ibu Tuti Hera Wati. mereka merintis usahanya melalui usaha sendiri dan dimulai dengan berdagang ayam bakar di rumahnya sendiri. Mereka melakukan sistem dagang dengan cara kekeluargaan, maksudnya yaitu mereka mengambil tenaga kerjanya dari keluarga mereka sendiri tanpa karyawan.
Laba dan rugi sering kita alami dalam usaha kecil dan juga laba dan ruginyaoun tidak tentu dalam satu harinya karena semuanya tergantung dari para konsumen yang minat datang untunk meminati usaha kecil tersebut.
Menu-menu yang ada di usaha kecil ini sangatlah relatif murah tetapi terjamin kualitasnya memuaskan.
Menu-menu dan harganya seperti di bawah ini:
  • Ayam goreng: Rp. 6500
  • Ayam panggang: Rp. 7000
  • Soto daging: Rp. 7500
  • Soto ayam: Rp. 7500
  • Ikan goreng: Rp. 7000
  • Tempe: Rp. 1000
  • Tahu: Rp. 1000
  • Juice: Rp. 4000
Itulah salah satu menu-menu yang ada di usaha kecil tersebut. Usaha ini sangatlah menguntungkan sekali. Tidak terlalu sulit dan sangat mudah, tidak perlu adanya karyawan, bisa di kerjakan dengan pemiliknya sendiri.
Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semua dan bisa di contoh oleh semua pembaca artikel ini.

Sumber:
- murti sumarno
- john seoprihanto

0 komentar:

Posting Komentar